Sabtu, 25 Februari 2012

Pengertian Collision Domain


Collision Domain adalah segmen jaringan fisik dimana data paket dapat “bertabrakan”dengan satu sama lain ketika dikirim pada suatu media bersama, khususnya dalam protokol jaringan Ethernet. Sebuah tabrakan jaringan adalah sebuah skenario dimana satu perangkat tertentu mengirimkan sebuah paket pada segmen jaringan, memaksa setiap perangkat lain pada segmen yang sama untuk memberi perhatian padanya. Sementara itu, perangkat lain melakukanhal yang sama, dan dua paket bersaing dibuang dan dikirimkan kembali satu per satu. Hal inimenjadi sumber inefisiensi dalam jaringan.
  1. Collision Domain, merupan domain tabrakan pada suatu LAN
  2. Terjadi karena sistem CSMA/CD yang memakai satu media dipakai ramai-ramai,sehingga memungkinkan pengiriman data secara bersamaan pada satu media, akibatnyaterjadi tabrakan/collision
  3. Collision domain tejadi pada repeater dan hub, tidak pernah terjadi pada switch sbbswitch membuat aliran sendiri-sendiri setiap transmisi data
  4. Bridge dan switch bisa dikatakan membagi/memecah collision domain menjadi 2 ataulebih collision domain

Collusion 

Collusion adalah tabrakan antar paket-paket yang dikirimkan oleh 2 pengguna atau lebih pada saat yang bersamaan. Untuk mengatasi collision pada sebuah jaringan, maka digunakan sebuah bridge atau switch. Perangkat ini tidak akan mem-forward collision, tapi bisa melewatkan broadcast (ke setiap pengguna di jaringan) dan multicast. Dan sebuah router digunakan untuk mencegah broadcast dan multicast dari lalu lintas data jaringan.
Bagaimana solusi menghilangkan collision domain dan algoritma CSMA/CD yang bisa membuat jaringan anda lambat, adalah mengganti jaringan HUB anda dengan Switch LAN. Switch tidak menggunakan BUS secara ber-sama2 seperti HUB, akan tetapi memperlakukan setiap port tunggal sebagai sebuah BUS terpisah sehingga tidak mungkin terjadi tabrakan.Switches menggunakan buffer memori juga untuk menahan frame yang datang, sehingga jika ada dua piranti yang mengirim frame pada saat yang bersamaan, Switch akan melewatkan satu frame sementara frame satunya lagi ditahan didalam memory buffer menunggu giliran frame pertama selesai dilewatkan. Mengganti semua HUB anda dengan Switch akan meningkatkan kinerja dan performa jaringan anda dan kelambatan jaringan akan berkurang secara significant.

0 komentar:

Posting Komentar