Sabtu, 25 Februari 2012

pengertian router

Router adalah sebuah alat untuk mengirimkan paket data antar jaringan melalui proses yang disebut dengan routing. Sebagai sebuah komputer, router dapat dijelaskan sebagai berikut : Komputer yang secara khusus bertugas untuk mengirimkan paket data antar jaringan. Sebuah router bertanggung jawab untuk menghubungkan koneksi antar dua jaringan atau lebih dengan memilih jalur yang terbaik supaya paket yang dikirim sampai ke tujuan.
Router adalah perangkat network yang digunakan untuk menghubungkan beberapa network, baik network yang sama maupun berbeda dari segi teknologinya seperti menghubungkan network yang menggunakan topologi Bus, Star dan Ring.

Router adalah sebuah alat yang mengirimkan paket data melalui sebuah jaringan atau Internet menuju tujuannya, melalui sebuah proses yang dikenal sebagai routing. Proses routing terjadi pada lapisan 3 (Lapisan jaringan seperti Internet Protocol) dari stack protokol tujuh-lapis OSI.
Router sangat banyak digunakan dalam jaringan berbasis teknologi protokol TCP/IP, dan router jenis itu disebut juga dengan IP Router. Selain IP Router, ada lagi AppleTalk Router, dan masih ada beberapa jenis router lainnya. Internet merupakan contoh utama dari sebuah jaringan yang memiliki banyak router IP.
Router dapat digunakan untuk menghubungkan banyak jaringan kecil ke sebuah jaringan yang lebih besar, yang disebut dengan internetwork, atau untuk membagi sebuah jaringan besar ke dalam beberapa subnetwork  untuk meningkatkan kinerja dan juga mempermudah manajemennya. Router juga kadang digunakan untuk mengoneksikan dua buah jaringan yang menggunakan media yang berbeda (seperti halnya router wireless yang pada umumnya selain ia dapat menghubungkan komputer dengan menggunakan radio, ia juga mendukung penghubungan komputer dengan kabel UTP), atau berbeda arsitektur jaringan, seperti halnya dari Ethernet ke Token Ring.

router Cara Kerja Roter :

Fungsi utama Router adalah merutekan paket (informasi). Sebuah Router memiliki kemampuan Routing, artinya Router secara cerdas dapat mengetahui kemana rute perjalanan informasi (paket) akan dilewatkan, apakah ditujukan untuk host lain yang satu network ataukah berada di network yang berbeda.
Jika paket-paket ditujukan untuk host pada network lain maka router akan meneruskannya ke network tersebut. Sebaliknya, jika paket-paket ditujukan untuk host yang satu network maka router akan menghalangi paket-paket keluar.
Prinsip kerja router secara umum adalah dengan memeriksa alamat  IP tujuan dari paket yang dikirim, setelah mendapatkan alamat IP tujuan router akan kemudian memilih jalur terbaik, dalam hal ini pemilihan jalur berdasarkan bantuan dari routing tabel.

Routing

Routing adalah proses pengiriman informasi/data dari pengirim disuatu jaringan ke penerima yang berada dijaringan yang lain (melalui interwork). Untuk dapat me-route paket dibutuhkan Router. Agar dapat me-route paket, Roter harus mengetahui :
  1. Alamat IP penerima
  2. Router tetangganya, yang dengan itu ia bisa mempelajari jaringan yang lebih luas.
  3. Route lintasan yang bisa dilewati
  4. Route terbaik ke setiap jaringan
  5. Informasi Routing

0 komentar:

Posting Komentar