Sabtu, 30 Juli 2011

Review Task List Guru

Sabtu, 29 Juli 2011 13:33 | PostAuthorIconDitulis oleh Wayan Sunarya

 
Pernah merasa kesulitan dalam mengatur banyaknya pekerjaan yang menumpuk? Saking ruwetnya, bisa jadi kita hanya menyelesaikan satu pekerjaan yang tidak penting. Padahal sebetulnya ada tugas lain yang lebih mendesak untuk diselesaikan terlebih dahulu. 

Hal ini bisa dihindari dengan menyusun sebuah daftar pekerjaan. Tidak hanya itu, bubuhkan pula tenggat waktu penyelesaian tugas dan level prioritas berdasarkan urgensi tugas.
Aplikasi Office seperti OneNote atau Outlook mungkin sudah cukup untuk melakukan tugas ini. Tapi, tidak ada salahnya Anda mencoba aplikasi gratisan bernama Task List Guru. Sesuai namanya, aplikasi ini berfungsi sebagai penyusun daftar tugas supaya hidup Anda lebih teratur dan damai layaknya seorang “guru” (semacam sebutan untuk orang suci dalam bahasa Sansekerta). 
Antarmuka Task List Guru sangat mudah dipahami dan terdiri dari tiga panel utama: bagian kiri menunjukkan judul to-do list (daftar tugas), bagian atas menampilkan isi daftar tugas, dan bagian bawah berisi deskripsi/catatan setiap tugas.
Jangan khawatir kalau Anda masih merasa kebingungan. Pada awal aplikasi dijalankan, ada tutorial singkat tentang cara mengisi daftar tugas. Singkatnya, untuk menambahkan tugas, pilih Add Task, masukkan nama tugas, pilih prioritas (Lowest sampai Highest), tipe tugas (plus ikon/simbolnya), dan tenggat waktu penyelesaian (deadline).
Pada jendela penambahan tugas ini pun, tersedia feature pengingat. Misalnya, jika tugas harus dirampungkan tanggal 17 Maret, Anda bisa menyetel pengingat agar aktif saat tanggal tersebut atau beberapa hari sebelumnya.
Task List Guru menyediakan pula fasilitas impor daftar tugas existing dari Outlook, Excel, dan Lotus Notes. Sebaliknya, berkas keluaran Task List Guru pun bisa dicetak atau diekspor ke format HTML atau CSV.
(Erry FP)
****
Task List Guru merupakan aplikasi bermanfaat bagi Anda – juga kami selaku redaksi majalah – yang sibuk dan kerap dihadapkan pada tumpukan tugas dengan beragam tenggat waktu dan level prioritas penyelesaian.
Spesifikasi
Jenis
Freeware
Ukuran Installer
6,27 MB
Situs Download
Sistem Operasi
Windows 2000/XP/Vista/7
 
Plus
     : Mudah digunakan; bisa mengimpor dan mengekspor daftar tugas dari/ke aplikasi lain
Minus
: Daftar tugas tidak bisa diproteksi agar tidak bisa dilihat pengguna lain

0 komentar:

Posting Komentar