Sabtu, 30 Juli 2011

Review EnGenius ECB9500


Multifungsi dan Bertenaga
Tidak cuma satu, tapi tujuh fungsi bisa ia lakukan. Ditambah performanya yang gegas, EnGenius ECB9500 memang layak diacungi jempol.

EnGenius ECB9500 ini  sebetulnya diposisikan sebagai client bridge yang berfungsi menghubungkan client dengan access point atau router. Namun, fungsi client bridge tersebut hanyalah satu dari tujuh fungsi lain yang dapat dilakukan oleh EnGenius ECB9500 ini. Selain sebagai client bridge, perangkat ini juga dapat difungsikan sebagai access point, WDS bridge, WDS access point, client router, router, dan universal repeater.


EnGenius ECB9500 ini memiliki bentuk yang cukup kecil. Di bagian depannya terdapat tiga buah lampu indikator yang menunjukkan aktivitas perangkat ini. Di bagian belakangnya hanya terdapat satu buah port RJ45 berkecepatan 1000 Mbps yang berfungsi ganda sebagai port LAN atau WAN tergantung pada modus yang sedang aktif.

EnGenius telah menyertakan tiga buah antena di dalamnya. Antena yang tersedia berukuran cukup besar berkekuatan 5 dBi. Kalo ketiga antena ini masih terasa kurang, Anda dapat juga melepasnya dan mengganti dengan antena lain yang lebih besar.

Saat pertama kali digunakan, unit yang kami uji ini bekerja pada modus client bridge. Untuk berpindah ke modus lainnya dapat dilakukan dengan menghubungkan EnGenius ECB9500 ini ke komputer dan mengakses panel kontrol web-nya. Setelah itu, tersedia pilihan untuk berganti modus dan panduan langkah-langkahnya.

Panel kontrol berbasis web milik EnGenius ECB9500 ini memiliki tampilan yang sangat sederhana dan mudah dimengerti. Terdapat deretan menu-menu di sisi sebelah kiri, dan di kanannya memuat konten menu yang sedang aktif.

Salah satu menu yang sebaiknya Anda akses adalah operation mode. Pada operation mode Anda dapat memilih dan mengubah satu dari tujuh modus yang tersedia. Setelah itu, klik tombol apply, lalu akan muncul pop-up untuk instruksi selanjutnya. Fasilitas standar lain yang tersedia adalah DHCP server, MAC clone, port forwarding, routing, firewall, dan masih banyak lagi.

EnGenius sejak lama dikenal memiliki kinerja yang bagus, begitu pula dengan EnGenius ECB9500 ini. Berbekal tiga buah antena besar, perangkat ini memiliki daya jangkau yang luas. Kecepatan yang dihasilkannya pun tergolong bagus. Kami mencoba melakukan pengujian throughput pada perangkat ini dengan memasangkannya dengan sepasang wireless adapter yang mendukung 802.11n. Hasilnya, rata-rata throughput yang dihasilkan sebesar 31,065 Mbps dengan maksimum berada di 35,165 Mbps. Responnya juga tergolong sangat cepat dengan nilai rata-rata 2,575 detik.
(Steven Irwandi)
***
EnGenius ECB9500 ini merupakan sebuah perangkat nirkabel multifungsi yang sangat menarik. Untuk berpindah-pindah modus memang agak sedikit merepotkan, karena harus masuk ke kontrol panel web terlebih dulu. Namun, feature yang ditawarkannya sangat menarik. Kinerjanya pun tergolong baik dan stabil.

Spesifikasi  EnGenius ECB9500
Standar
802.11b, 802.11g, 802.11n
Konektor
1 x WAN/LAN (tergantung modus yang aktif)
Modus Operasi
Access point, WDS bridge, client bridge, WDS AP, Client router, router, universal repeater
Kecepatan transfer data
Maksimum 300Mbps
Fasilitas
- DHCP Server
- WPS
- Firewall
- MAC Address Filter
Dimensi
125 mm x 108 mm x 31 mm
Bobot
350 gram
Kelengkapan
- Power adapter
- Kabel RJ45
- Antena (3 buah)
- CD Manual & Buku Panduan
Garansi
1 tahun
Situs web
Kisaran harga*
US$98
*Globalindo Data Solusi, (021) 6220-3511




Fungsi Ganda

Bagian belakang EnGenius ECB9500 ini hanya memiliki satu buah port RJ45 yang berfungsi ganda sebagai LAN atau WAN sesuai dengan modus yang sedang aktif.





Tampilan

Antarmuka panel kontrol web EnGenius ECB9500 ini memiliki tampilan yang sederhana namun lengkap.







Stabil

Hasil uji throughput menunjukkan kecepatan yang bagus dan cukup stabil.




Plus
    
: Instalasi mudah, antarmuka panel kontrol mudah dimengerti, kinerja baik, antena besar,  multifungsi
Minus : Berpindah modus agak merepotkan
Skor Penilaian- Kinerja           : 3,75
- Fasilitas         : 4
- Kemudahan   : 3,75
- Harga             : 3,75
- skor total        : 3,81

0 komentar:

Posting Komentar