Sabtu, 25 Februari 2012

Pengertian Broadcast Domain

Broadcast Domain

Broadcast Domain adalah sebuah divisi logika dalam jaringan komputer dimana semua Host dan Nodes dapat menjangkaunya atau terhubung dengan host dan node yang lainnya melalui Broadcast  pada layer Data Link. Broadcast Domain ini dapat berada pada segmen jaringan yang sama maupun berbeda.
Dalam hal teknologi populer saat ini: Setiap komputer yang terhubung ke repeater Ethernet yang sama atau switch adalah anggota dari broadcast domain yang sama.Selanjutnya, setiap komputer yang terhubung ke set yang sama dari switch / repeater saling terkoneksi adalah anggota dari broadcast domain yang sama. Router dan Higher-layer lainnya merupakan perangkat bentuk batas-batas antara domain broadcast.



Beberapa hal yang menjadi karakteristik broadcast domain :

  1. Dipisahkan oleh perangkat yang bekerja pada layer 3 (network), seperti : router dan switch layer 3.
  2. Digunakan untuk pengaturan lalu lintas data dan meniadakan broadcast.
  3. Menggunakan logical address (IP address).
  4. Menggunakan table khusus untuk penentuan rute tujuan.
  5. Untuk menentukan apakah suatu host merupakan satu broadcast domain atau bukan, kita dapat mengirimkan ( Spread ) sinyal Broadcast ke seluruh host dan node.

 Perbedaan Broadcast Domain dan Collision Domain :

Broadcast domain dan collision domain harus dibagi – bagi atau diperkecil agar tujuannya untuk meningkatkan performa network dan untuk mencapai tujuan tersebut,biasanya digunakan perangkat network khusus seperti router dan switch layer 3.
Perangkat seperti switch atau bridge dapat mempelajari alamat hardware setiap computer dan hanya akan meneruskan frame ke computer tujuan, perangkat tersebut mampu membagi network menjadi segmen – segmen yang lebih kecil. Dalam hal tersebut computer seolah – olah telah diberi suatu jalur khusus untuk mencapai computer tujuan, sehingga bandwitch atau kecepatan dtransfer data secara penuh dapat tercapai.

0 komentar:

Posting Komentar